Wednesday, July 13, 2011

1st Group : NIC (Network Interface Card)

Questions :
1.      Metode komunikasi NIC antara lain yaitu I/O yang dipetakan ke memori, DMA (Direct Memory Access) dan memory yang digunakan secara bersama – sama, manakah diantara metode tersebut yang paling baik penggunaannya ?
2.      Apakah sebuah NIC berperan penting dalam sebuah Personal Computer ?
3.      Jelaskan tentang NIC dengan arsitektur jaringan yang spesifik ?
4.      Mengapa sebuah NIC disebut sebuah interface ?
5.      Jelaskan maksud dari dari aliran data serial dan paralel yang dijelaskan dalam tugas dari sebuah NIC ?

Answers :
1.      Diantara metode komunikasi NIC yang telah disebutkan sebelumnya, metode yang paling baik adalah metode DMA (Direct Memory Access), karena sistem bus akan mengasumsikan kontrol untuk mengakses memori secara langsung, sehingga akan menghilangkan beban dari CPU. Namun metode ini membutuhkan prosesor yang terpisah dari kartu jaringan atau NIC.
2.      Sebuah NIC tentunya memiliki peranan penting dalam sebuah PC jika PC tersebut akan terhubung dengan jaringan internet, karena NIC merupakan sebuah kartu yang menjembatani PC agar dapat terhubung ke dalaqm jaringan internet. Namun jika PC tersebut akan digunakan secara offline, maka penggunaan NIC dalam PC tidak akan menjadi prioritas.
3.      NIC dengan arsitektur jaringan yang spesifik (architecture-specific NIC) merupakan bagian dari NIC fisik yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis, sesuai dengan arsitektur jaringan yang digunakan. Maksudnya Kartu NIC yang digunakan akan disesuaikan dengan struktur atau bentuk jaringan internet yang akan dibangun seperti jaringan internet yang menggunakan ethernet dengan kecepatan transfer data 10 Megabit/detik, 100 Megabit/detik, 1 Gigabit/detik atau 10 Gigabit/detik. Hal ini dilakukaan karena penggunaan NIC dan media transmisi yang sesuai akan memberikan distribusi data akan menjadi lebih efisien.
4.      NIC yang merupakan singkatan dari Network Interface Card merupakan kartu yang menghubungkan atau menjembatani PC dengan jaringan internet sehingga NIC dapat dikatakan sebagai antarmuka antara PC dengan jaringan internet. Oleh karena itu NIC disebut sebagai sebuah interface.
5.   Aliran data paralel adalah semua bit dari karakter yang diwakili oleh suatu kode, ditransmisikan secara serentak satu karakter setiap saat. Data dikirimkan terus menerus melalui jalur-jalur yang disediakan tersebut hingga semua data dapat terkirimkan. Sedangkan aliran data serial adalah bit dikirim secara berurutan pada channel yang sama (kawat) yang mengurangi biaya untuk kawat tetapi juga memperlambat kecepatan transmisi. Jadi data paralel akan diubah nejadi data serial di dalam bus komputer untuk kemudian ditransmisikan melalui media transmisi jaringan internet sehingga data dapat diterima oleh komputer lain.

No comments:

Post a Comment