Thursday, July 21, 2011

3rd Group : Media Transmisi Wireless

Questions :
1.      Apakah komponen – komponen wireless berada dalam satu perangkat atau tidak ?
2.      Manakah yang lebih baik, penggunaan atau LAN atau MAN ?
3.      Apakah perbedaan Wi-fi dan Wi-Max ?
4.      Seberapa jauhkah spektrum yang dapat dijangkau oleh wireless ?
5.      Apakah perbedaan Wi-fi dan hotspot ?

Answers :
1.      Komponen wireless yang terdiri dari access point, wireless LAN interface dan antena external merupakan komponen yang letaknya masing – masing terpisah. Access point yang merupakan pemancar gelombang ke setiap user yang memiliki wireless LAN interface, access point ini terhubung dengan router sedangkan wireless LAN interface berada di dalam PC atau laptop user yang akan menghubungkan user dengan jaringan. Kemudian antena external merupakan komponen yang terpasang langsung pada wireless router dan juga dipasang pada PC dengan penerima sinyal berupa antena external.
2.      Penggunaan LAN atau MAN tergantung pada jaringan yang akan dibangun. Apakah jaringan tersebut memiliki cakupan atau wilayah yang luas atau tidak. Jika cakupannya kecil, jaringan dapat dibangun dengan membentuk LAN dimana jaringan ini merupakan Local Area Network. Namun jika cakupan jaringan lebih besar, kita dapat membangun jaringan MAN. Penggunaan LAN dan MAN ini juga dipengaruhi oleh biaya operasional yang dimiliki. MAN merupakan jaringan yang membutuhkan biaya yang cukup besar sedangkan LAN hanya membutuhkan biaya yang standar. Jadi, penggunaan LAN dan MAN dipengaruhi oleh berbagai faktor sesuai dengan kebutuhan pengguna sehingga kita tidak dapat menentukan jaringan mana yang lebih baik digunakan.
3.   Perbedaan dari Wi-fi dan Wi-Max dfapat dilihat dari beberapa point berikut :
-   WiMAX menggunakan spektrum berlisensi untuk melakukan konektifitas point-to-point di Internet.
-         WiFi menggunakan unlicenced spectrum untuk pengaksesan jaringannya.
-     WiMAX menggunakan mekanisme berbasis koneksi antara Base Stationdan peralatan user. Masing-masing koneksi berbasis algoritma scheduling.
-   WiFi menggunakan mekanisme sama dengan fixed Ethernet, dimana paket-paket diterima dengan prioritas berbeda, tergantung cara pengirimannya.
-     Wi-Fi berjalan pada protokol MAC, yaitu CSMA/CA yang connectionless oriented dan contentionbased.
-     WiMAX berjalan pada protokol MAC yang connection oriented
-      Baik 802.11 maupun 802.16 mendefinisikan Peer-to-Peer (P2P) dan jaringan Adhoc, dimana user berkomunikasi dengan user lain atau dengan server di LAN yang lain menggunakan Access Pointatau Base Station.

4.      Sistem WIFI tidak membatasi pemakai terhadap  ruang gerak dan hanya dibatasi pada jarak jangkauan dari satu titik pemancar WIFI. Untuk jarak pada sistem WIFI mampu menjangkau area 100 kaki (feet) atau 30 m radius. Selain itu dapat diperkuat dengan perangkat khusus seperti booster yang berfungsi sebagai relay yang mampu menjangkau ratusan bahkan beberapa kilometer ke satu arah (directional).
5.      Wi-fi dan hotspot merupakan pemanfaatan teknologi Wireless LAN pada lokasi-lokasi publik seperti taman, perpustakaan, restoran ataupun bandara. Wi-fi merupakan layanan internet yang disediakan dengan transmisi tanpa kabel atau melalui gelombang dan hotspot merupakan perangkat yang digunakan agar user dapat melakukan akses ke layanan Wireless / Access Point.

No comments:

Post a Comment