Wednesday, July 13, 2011

4th Group : Perangkat Jaringan Komputer

Questions :
1.      Apakah maksud dari fungsi router yaitu membatasi broadcast domain ?
2.      Apakah perbedaan hub dan switch ?
3.      Bagaimana cara kerja dari bridge ?
4.      Apa saja perangkat yang diperlukan untuk membangun hotspot ?
5.      Apakah syarat dari penggunaan repeater dalam jaringan komputer ?

Answers :
1.  Broadcast domain adalah area dimana siaran bisa diterima. Router yang digunakan untuk mengatur distribusi data sesuai alamat pemintanya, tentunya akan membatasi area penerimaan data sehingga kiriman data tidak dilakukan ke seluruh user. Fungsi router ini pun akan memberikan tingkat efisien dan efektifitas yang lebih tinggi terhadap pengiriman data atau dengan kata lain membatasi area pancaran kiriman data.
2.    Hub merupakan perangkat yang mengirimkan data ke setiap user secara broadcast yaitu data dikirim ke seluruh user yang terhubung walaupun user tidak meminta data tersebut. Sedangkan switch dapat menentukan alamat user yang meminta data sehingga pengiriman data hanya dilakukan kepada user yang mengakses data tersebut. Hal ini dikarenakan switch memiliki sebuah ROM didalamnya yang berfungsi menyimpan Mac Address dari setiap NIC yang ada di dalam PC yang terhubung dengannya sehingga switch dapat mengetahui alamat – alamat dari setiap PC yang terhubung.
3.   Bridge digunakan untuk menghubungkan antar jaringan yang mempunyai protokol yang sama. Hasil akhirnya adalah jaringan logis tunggal. Bridge juga dapat digunakan jaringan yang mempunyai media fisik yang berbeda. Contoh jaringan yang menggunakan fiber obtik dengan jaringan yang menggunakan coaxial. Bridge mempelajari alamat tujuan lalulintas yang melewatinya dan mengarahkan ke tujuan. Juga digunakan untuk menyekat jaringan. Jika jaringan diperlambat dengan adanya lalulintas yang penuh maka jaringan dapat dibagi menjadi dua kesatuan yang lebih kecil.
4.      Ada empat komponen utama dalam membangun jaringan wireless atau hotspot, yaitu :
a.   Access Point, merupakan perangkat yang menjadi sentral koneksi dari pengguna (user) ke ISP, atau dari kantor cabang ke kantor pusat jika jaringannya adalah milik sebuah perusahaan. Access-Point berfungsi mengkonversikan sinyal frekuensi radio (RF) menjadi sinyal digital yang akan disalurkan melalui kabel, atau disalurkan ke perangkat WLAN yang lain dengan dikonversikan ulang menjadi sinyal frekuensi radio.

Access Point Router
b.      Wireless LAN Interface, merupakan peralatan yang dipasang di Mobile/Desktop PC, peralatan yang dikembangkan secara massal adalah dalam bentuk PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association) card, PCI card maupun melalui port USB (Universal Serial Bus).

Wireless Adapter
c.       Mobile/Desktop PC, merupakan perangkat akses untuk pengguna, mobile PC pada umumnya sudah terpasang port PCMCIA sedangkan desktop PC harus ditambahkan  wireless adapter melalui PCI (Peripheral Component Interconnect) card atau USB (Universal Serial Bus).
d.      Antena external (optional) digunakan untuk memperkuat daya pancar. Antena ini dapat dirakit sendiri oleh user. contoh : antena kaleng.

5.   Fungsi dari repeater yaitu membantu menguatkan sinyal yang melemah akibat jarak, sehingga sinyal dapat ditransmisikan ke jarak yang lebih jauh. Jadi repeater dapat digunakan jika sinyal perlu dipancarkan ke jarak yang lebih jauh agar sinyal tersebut dapat kembali menguat dan dapat menghubungkan user dengan jaringan internet pada jarak yang diinginkan.

No comments:

Post a Comment