Friday, July 8, 2011

Bit dan Byte serta Penggunaannya


Bit (b)

Singkatan dari binary digit (angka biner)– merupakan satuan data terkecil. Nilainya cuma 1 (satu) atau 0 (nol). Walau kelihatannya sederhana, tapi dua angka inilah yang mengalir terus di dalam PC, berputar dari prosesor, motherboard, chip memori sampai ke perangkat-perangkat penyimpanan data dan output lainnya atau sebaliknya.
Dalam praktiknya, bit mengalir sebagai sinyal-sinyal listrik. Ibarat saklar, angka nol berarti off, sedangkan angka satu artinya on. Begitulah, rangkaian data yang jumlahnya miliaran bahkan triliunan bit itu mengalir bagai orang menekan tombol on/off secara berulang-ulang dan cepat.
Akan tetapi, bit punya wujud fisik juga. Pada sebuah CD, contohnya, bit tampak sebagai bintik-bintik yang amat kecil pada permukaan disk. Sinar laser CD-ROM drive kemudian membaca dan mengubahnya menjadi sinyal listrik yang dipahami komputer.
Bit biasanya tidak pernah berdiri sendiri. Maknanya baru muncul begitu terdiri dari sejumlah bit. Dalam perhitungan biner ada sejumlah sistem yang dipakai, yaitu sistem 8 bit, 16 bit, 32 bit, 64 bit dan seterusnya. Dengan sistem itulah komputer membaca, menerjemahkan kembali dan mengolah data angka, huruf, gambar dan sebagainya.
Beruntunglah, kita tidak perlu mengetahui semua perhitungan itu untuk menggunakan komputer. Tinggal klak-klik atau ketak-ketik saja. Walau begitu, pemahaman mengenai bit akan sangat berguna untuk memahami berbagai aspek lain dalam komputer.


Byte (B)
Terbentuk dari 8 bit. Sebuah byte merupakan kumpulan bit terkecil yang dapat dimengerti komputer. Sebuah byte mewakili angka desimal dari 0 sampai 255.
Byte juga digunakan untuk mewakili huruf-huruf, angka-angka dan simbol-simbol lain dalam sistem ASCII. Sebagai contoh, bila Anda mengetik huruf A pada kibor, komputer merekamnya sebagai kode ASCII 65 dan menerjemahkannya dalam perhitungan biner sebagai 01000001 – yang merupakan satu byte data.

Beberapa satuan standar transfer data yang sering dipergunakan dalam jaringan komputer adalah :
-        Bit: adalah ukuran terkecil data dalam sebuah komputer. Bit biasanya hanyalah merupakan pilihan antara 0 dan 1. Dimana 0 biasanya berarti ‘Off’ dan 1 berarti ‘On’. Pada akhirnya komputer akan mengkombinasikan kedua pilihan tersebut menjadi format digital yang lebih kompleks untuk merepresentasikan data.
istilah Bit mulai diperkenalkan oleh seorang statistik terkenal John Tukey pada tahun 1946.
-        bps : bit per second. Jumlah bit yang ditransfer dalam satu detik.
-        Kbps : kilo bits per second. Jumlah kilobits yang ditransfer dalam satu detik. 1 kbps = 1 x 10^3 bit/second = 1000 bit/second. Satuan ini tidaklah sama dengan satuan kilobyte. Kilobit (Kb) merupakan satuan ukuran kecepatan transfer data komputer. Kalau dari tadi satu kilo itu bukan berarti seribu, maka untuk hal ini lain ceritanya. Satu kilobit memang sama dengan 1.000 bit. Sebuah modem, contohnya, menawarkan kecepatan download maksimum 56 Kb/s. Itu artinya, modem tersebut mampu mengantarkan 56 kilobit (56.000 bit) data melalui jalur telepon dalam setiap detiknya. Ambil kalkulator dan cobalah hitung, kecepatan tersebut sebenarnya sama dengan 6.9 KB/s (kilobyte setiap detik).
-        Mbps : Mega bits per second. Dalam jaringan komputer yang besar, kecepatan transfer datanya bisa mencapai satuan ukuran yang lebih besar, yaitu megabit (Mb). Kabel yang digunakan dalam jaringan komputer di kantor contohnya, dapat mengirim dan menerima data sampai 100 Mb/s atau sama dengan 100 juta bit setiap detiknya.
Jadi, yang ternyata istilah Mbps (pada kecepatan akses internet) yang selama ini dianggap sebagai singkatan dari Megabyte per second ternyata singkatan yang sebenarnya adalah Megabit per second yang merupakan satuan untuk transfer data dalam jaringan komputer.


Sedangkan berikut merupakan satuan penyimpanan data yang sering dipergunakan dalam jaringan komputer adalah :
-        Byte : adalah merupakan kumpulan beberapa bit (1 Byte = 8 bit ). Byte biasanya merepresentasikan sebuah karakter (Misalkan seperti A, ?, -, dll). Karakter ini bisa berupa huruf, angka ataupun simbol tertentu.
-        Kilobyte (KB) : Satu byte data belumlah begitu bermakna. Sama saja seperti halnya kita hanya mengetik sebuah huruf dalam Notepad. Tak ada artinya. Dokumen biasanya tersimpan dalam komputer dalam ukuran kilobyte (KB). Satuan kilo biasanya memang berarti seribu, tapi satu kilobyte tidak sama dengan 1.000 byte, lho. Komputer kan bekerja dalam sistem biner, maka satu kilobyte sebenarnya sama dengan 1.024 byte. Walau begitu, untuk mudahnya, Anda boleh memperkirakan satu kilobyte sama dengan 1.000 karakter (termasuk spasi). Tulisan ini, misalnya, terdiri dari sekitar 12.000 karakter. Jadi, besarnya dalam komputer kami ya sekitar 12 KB.
-        Megabyte (MB) : Di atas kilobyte, kita menemukan satuan megabyte (MB). Orang biasanya menyebutnya sebagai ‘satu mega’ saja. Coba tebak, besar satu MB sama dengan berapa kilobyte? Ya, besarnya sama dengan 1024 kilobyte. Dan itu artinya satu MB sama dengan 1.048.576 byte, bukan sejuta byte. Memori komputer pada umumnya diukur juga dalam satuan ini. Misalnya, 64 MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB dan seterusnya.
-        Gigabyte (GB) : Ukuran penyimpanan data di komputer kini tidak lagi menggunakan satuan megabyte. Coba saja periksa hard disk yang ada di pasaran saat ini. Semuanya sudah menggunakan satuan gigabyte (GB). Anda benar, satu gigabyte sama dengan 1.024 MB. Di atas satuan ini adalagi satuan terabyte (TB) yang sama dengan 1.024 GB.
Contoh perhitungan Byte dan Bit.
Misalkan anda memiliki sebuah file yang terdiri dari 100.000 kata dan anda ingin tahu berapa lama kita bisa mendownload file tersebut melalui internet yang memiliki koneksi 33.600 bps.
  1. Asumsikan dalam setiap kata terdiri dari 5 huruf/karakter. Berarti jika ada 100.000 kata, maka anda memiliki 500.000 huruf/karakter
  2. Setiap karakter terdiri dari 1 Byte, berarti anda memiliki 500.000 Byte
  3. Setiap Byte terdiri dari 8 bit, berarti 500.000 Byte yang anda miliki bernilai 500.000 x 8 = 4.000.000 bit
  4. Selanjutnya 4.000.000 bit yang anda miliki dibagi dengan 33.600 = 119 detik
  5. Artinya waktu anda untuk mendownload file yang memiliki 100.000 kata kurang lebih 119 detik (2 menit) dengan kecepatan akses 33.600 bps
Dalam jaringan komputer, biasanya Byte dan bit dipakai utk menggambarkan kecepatan transfer/download data.
Satuan KBps (KiloByte/second) dipakai jika data di sini secara umum memakai Byte untuk satuannya (contohnya seperti protokol-protokol yang ada pada level aplikasi seperti http,ftp,smtp,dsb).
Sedangkan kbps (kilobit/second) dipakai jika data yang ditransfer memakai bit untuk satuannya (contohnya adalah protokol-protokol layer 2 ke bawah seperti ethernet yang mentransfer data dalam frame-frame).
Itu sebabnya kecepatan sebuah modem tertulis = 33.6 kb/s (karena modem termasuk dalam protokol layer 2 kebawah seperti halnya ethernet), sedangkan saat kita mendownload sebuah file, maka browser akan memperlihatkan (misal) 3 KB/s (karena browser terkoneksi dengan protokol http/ftp).

No comments:

Post a Comment