Wednesday, July 13, 2011

2nd Group : Media Transmisi Kabel (Wireline)

Questions :
1.      Media transmisi seperti apa yang cocok untuk PC yang beredar pada saat sekarang ini dimana PC tersebut yang telah terpasang sebuah  NIC ?
2.      Kabel fiber optik yang memiliki berbagai macam tipe diantaranya tipe single mode, multi mode dan plastic optical fiber. Manakah diantara ketiga tipe kabel fiber optik tersebut yang paling baik dalam kecepatan transfer data ?
3.      Jelaskan pembagian media transmisi jaringan unguided (tidak  terarah) ?
4.      Dari berbagai jenis kabel yang digunakan dalam jaringan internet, bagaimana perbandingan jenis kabel yang baik untuk transfer data ?
5.      Jelaskan tentang karakteristik media transmisi wireline ?

Answers :
1.      PC yang beredar saat sekarang dengan NIC yang terpasang di dalamnya dapat menggunakan media transmisi jaringan berupa kabel UTP dengan kategori 5e dengan kecepatan transfer data 100 Mbps. Media ini cocok digunakan karena spesifikasi NIC yang beredar pada umumnya dapat menyesuaikan dengan media transmisi jaringan berupa kabel UTP kategori 5e sehingga nantinya jaringan internet yang dibangun menjadi lebih efisien dalam kecepatan transfer data.
2.      Dari ketiga tipe kabel fiber optik tersebut, kabel fiber optik dengan tipe single mode merupakan kabel yang paling baik dalam kecepatan transfer data, hal ini dikarenakan kabel fiber optik single mode adalah sebuah sistem transmisi data berwujud cahaya yang didalamnya hanya terdapat satu buah indeks sinar tanpa terpantul yang merambat sepanjang media tersebut dibentang. Satu buah sinar tersebut membuat teknologi fiber optik yang satu ini hanya sedikit mengalami gangguan dalam perjalanannya sehingga fiber optik single mode dapat membawa data dengan bandwidth yang lebih besar dan 50 kali lebih jauh dibandingkan dengan fiber optik multi mode.
3.      Penjelasan mengenai media transmisi unguided (tidak terarah) akan dibahas pada pertemuan berikutnya yaitu mengenai media transmisi tanpa kabel (wireless).
4.      Dari tabel dibawah ini dapat dilihat bahwa kabel jenis fiber optik memiliki kecepatan transmisi yang paling tinggi walaupun dengan harga yang mahal. Penggunaan kabel ini dapat dijadikan pilihan untuk kecepatan transfer data terbaik.

Karakteristik
Thinnet
Thicknet
Twisted Pair
Fiber Optic
Biaya/harga
Lebih mahal dari twisted
Lebih mahal dari thinnet
Paling murah
Paling mahal
Jangkauan
185 meter
500 meter
100 meter
2000 meter
Transmisi
10 Mbps
10 Mbps
1 Gbps
> 1 Gbps
Fleksibilitas
Cukup fleksibel
Kurang fleksibel
Paling fleksibel
Tidak fleksibel
Kemudahan instalasi
Mudah
Mudah
Sangat mudah
Sulit
Resistensi terhadap inferensi
Baik
Baik
Rentan
Tidak terpengaruh

5.      Karakteristik media transmisi wireline (kabel) bergantung pada :
a.        Jenis alat elektronika
b.       Data yang digunakan oleh alat elektronika tersebut
c.        Tingkat keefektifan dalam pengiriman data
d.       Ukuran data yang dikirimkan
    Keempat karakteristik media transmisi wireline tersebut harus disesuaikan penggunaannya dengan jenis alat elektronika yang dipakai atau jenis NIC yang digunakan, jenis data yang digunakan oleh perangkat elektronik (NIC) tersebut, tingkat keefektifan dan ukuran data yang akan dikirim sehingga pendistribusian data dan informasi akan menjadi lancar dan efisien.


No comments:

Post a Comment